No image available

Tips Ternak Ayam yang Menguntungkan

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari toko ayam juga sangat jelas karena tidak hanya pasar yang luas, tetapi manfaatnya juga patut dipertimbangkan. Harga jual rata-rata potongan ayam adalah Rp. 30.000 pr. Kilo dan bahkan bisa mencapai Rp. 40.000 pada waktu-waktu tertentu, seperti Idul Fitri dan Natal. Dengan biaya produksi mulai dari hanya Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per Kilo, peluang Anda untuk mendapatkan sejumlah manfaat juga sangat tinggi. Dikatakan Abbi Angkasa kelebihan inilah yang membuat banyak orang begitu tertarik mengeksplorasi bisnis ayam, karena masa produksinya juga cukup singkat.

Ketika kita berbicara tentang bisnis, kita tentu tidak boleh melupakan jumlah modal yang diperlukan untuk ini. Menghitung modal awal sangat penting untuk dilakukan, ini memberi Anda gambaran tentang kesediaan Anda untuk menjalankan perusahaan pilihan Anda. Jangan meninggalkan modal yang cukup alih-alih menghentikan perusahaan di tengah jalan dan menyebabkan Anda mengalami kerugian di kemudian hari. Modal awal juga akan menjadi faktor penentu bagi laba yang Anda hasilkan nanti, jika Anda memiliki modal yang cukup, peluang Anda untuk menghasilkan laba juga lebih besar. Tetapi ini tentu akan tergantung pada tingkat keberhasilan perusahaan yang Anda jalankan.

  • Buat rumah (kandang) yang ideal dan cocok dengan sinar matahari yang cukup dan sirkulasi udara untuk hewan peliharaan Anda. Pastikan suhu udara cukup stabil dan tidak berubah secara drastis dalam kondisi tertentu, misalnya saat malam tiba, suhu menjadi terlalu rendah.
  • Persiapkan sejumlah hal pendukung lainnya dengan baik, ini berdampak besar pada cara Anda mengelola hewan peliharaan Anda.
  • Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti: ketersediaan sumber daya air dan listrik.
  • Pastikan kandang siap digunakan untuk ayam Anda. Beberapa hal yang perlu dilihat adalah: lampu menyala, isolasi dan peralatan makan dan minum.
  • Berikan perhatian ekstra pada 14 hari pertama peliharaan Anda, ini adalah masa yang rentan dan Anda benar-benar harus mengawasinya. Pastikan suhu udara selalu stabil dan konsisten dengan kondisi kandang, yang berarti tidak terlalu dingin atau terlalu panas.
  • Memberi makan secara teratur dan selalu menjaga kandang tetap bersih dan lingkungannya baik, sehingga sirkulasi udara tetap sehat untuk hewan peliharaan Anda.
  • Ternak akan lebih mudah dirawat setelah 14 hari pertama. Cukup melahirkan secara rutin 2 hingga 3 kali sehari.
  • Jangan lupa untuk memvaksinasi 3 kali secara teratur, yaitu: hanya hari ke 7, hari ke 14 dan hari ke 21.
  • Lakukan antibiotik dan vitamin, ini adalah hari ke 5 hingga hari ke 10 sebelum panen selesai. Untuk vitamin ini Anda bisa melakukannya hingga saat panen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *