No image available

Spot Sunset Keren Candi Ijo Jogja

Pernahkah Anda mendengar tentang Kuil Ijo? Situs wisata Jogja bagi pecinta matahari terbenam harus membuat fotografer di sini, meskipun namanya tidak setenar Borobudur atau Prambanan, tetapi candi tertinggi di daerah Yogyakarta sangat populer di kalangan wisatawan muda dan lokal. Candi Jogja Ijo ini disebut candi tertinggi karena lokasinya di atas bukit yang mencapai 357.402 meter di atas permukaan laut – 395.481 meter di atas pintu masuk candi Ijo Jogja. Candi ini adalah candi Hindu, sebagaimana dibuktikan oleh serangkaian relief di dinding candi yang dibangun sekitar abad ke-10 hingga ke-11 pada masa pemerintahan kerajaan Medang.

Secara keseluruhan Candi Ijo adalah candi dengan teras dengan teras, di mana bagian bawah berada di sisi barat dan bagian tertinggi di sisi timur, karena mengikuti bukit. Yang pasti, candi Ijo ini adalah objek wisata yang cocok untuk Anda, pecinta matahari terbenam atau matahari terbit instagram. Seperti disebutkan di atas, lokasi Candi Ijo di Jogja lebih tepat di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo di Desa Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berjarak sekitar 18 km dari kota Yogyakarta dan hanya 4 km dari candi Ratu Boko.

Sekarang, seperti yang dijelaskan sebelumnya, candi Ijo ini berdiri di sebuah bukit bernama Gumuk Ijo, yang masih merupakan bagian dari Bukit Batur Agung. Jika Anda di sini, Anda akan tahu bahwa kompleks candi ini terbuka ke barat dengan pemandangan Pantai Parangtritis dan Paddy Fields yang indah. Sekarang kita berbicara tentang akses atau rute ke Kuil Ijo. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta, Anda bisa langsung menuju Jalan Jogja – Solo atau jalan menuju Candi Prambanan.

Sebelum Anda mencapai candi Prambanan, Anda pertama-tama melihat pertigaan, belok kanan di pertigaan ini dan terus mengikuti jalan sampai Anda melihat Candi Ratu Boko, tetapi masih sebelum SMA Negeri 1 Prambanan. Di sini Anda akan melihat persimpangan jalan, ambil arah timur atau belok kiri dan segera ikuti tanda yang nantinya akan membawa Anda ke Kuil Ijo. Tidak sulit, tidak mencarinya? Tetapi Anda harus selalu berhati-hati, karena jalan menuju Kuil Ijo cukup terjal dan tidak rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *