No image available

Contoh Application Letter untuk Berbagai Posisi

Image result for melamar pekerjaan untuk pria

Contoh application letter atau surat lamaran berbahasa Inggris ini penting untuk anda pelajari. Alasannya, dengan surat lamaran pekerjaan ini adalah gerbang awal bagaimana pihak HRD melihat, mengenali, serta memberikan penilaian kepada anda yang merupakan pelamar kerja. Karena berstatus sebagai pintu depan inilah, maka application letter tentunya harus dibuat semenarik mungkin. Selain pada surat lamaran pekerjaan itu harus memberikan kesan positif bagi para pelamar kerja. Sebagai surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris maka memiliki topik bahasan sebagai functional text selain iklan, kemudian pengumuman, poster, serta banner, dan juga lowongan pekerjaan. Semuanya itu berbahasa Inggris yang bisa anda pelajari saat masih di bangku SMA dan yang setingkat.

Dengan demikian, untuk penulisan contoh application letter ini memiliki pola dan penyusunan kalimat dan paragrafnya dalam bahasa Inggris yang harus mengikuti struktur generiknya. Oleh karena itulah, untuk menuliskan application letter yang baik, memang ada bermacam-macam cara. Pada umumnya, struktur ini telah disepakati secara menyeluruh yang di antaranya, sebagai berikut.

  1. Header

Pada bagian ini merupakan pengantar untuk sebuah application letter yang di dalamnya memberikan informasi seperti kontak perusahaan, nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, email, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan perusahaan yang akan dilamar.

  1. Salutation

Bagian ini merupakan salam pembuka. Salam ini ditunjukkan kepada penerima surat. Di dalam lowongan pekerjaan sering juga tidak menyebutkan nama pihak berwenang yang akan menerima lamaran, maka di dalam application letter itu cukup ditulis, “Dear Sir,” atau “Dear Hiring Manager”.

  1. Introduction

Di bagian ini, anda mulai menuliskan isi dari surat lamaran kerja tersebut. Adapun isinya dengan menyebut posisi yang ditawarkan. Anda juga harus menyebutkan dari mana informasi lowongan pekerjaan itu anda dapat. Jika perlu sebutkan pula nama pihak yang telah memberikan informasi tersebut kepada anda.

  1. Body

Pada bagian application letter ini, anda juga perlu memberikan ulasan mengenai layak tidaknya untuk menempati posisi yang anda inginkan itu. Dengan memberikan ulasan-ulasan mengenai diri anda seperti kualifikasi serta skill dengan sangat meyakinkan kepada pihak perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *