No image available

5 Hal yang Bisa Menggagalkan Hamil saat Menstruasi

Masih banyak yang tidak percaya, bahwa saat perempuan lagi menstruasi itu punya kemungkinan bisa hamil. Perkara hamil saat menstruasi bukan mitos, tapi fakta, meski kemungkinan terwujud cukup kecil. Jika Anda ingin hamil pada waktu menstruasi, sebaiknya ketahui 5 hal ini.

  1. Mengonsumsi Rokok dan Obat Terlarang

Dalam kehidupan sehari-hari saja, mengonsumsi rokok dan obat terlarang itu sudah jadi pantangan. Apalagi kalau untuk Anda yang memiliki keinginan hamil pada saat menstruasi. Ketika lagi tidak haid, kemungkinan bisa. Hanya saja, persentasenya semakin kecil karena rokok mengandung nikotin yang bisa menggagalkan potensi untuk hamil.

  1. Cemas saat Berhubungan Intim dengan Pasangan

Wajar tidak sih jika berhubungan badan ketika lagi menstruasi? Jika ditilik dari sudut pandang agama Islam, memang tidak wajar, bahkan dilarang. Namun jika dilakukan, tidak akan membuat Anda dan pasangan terkena dampak negatif. Kemungkinan hamil tetap ada, sebab sperma yang terpancar ke rahim perempuan bisa hidup selama 3-5 hari.

Namun, ada pantangan yang harus dihindari. Saat berhubungan intim, masing-masing sebaiknya dalam keadaan rileks. Jika perlu, tingkatkan kesan bahagia karena bisa bikin hubungan jadi lebih berkualitas. Saat Anda cemas, tubuh langsung memunculkan barrier atau dinding karena terus-menerus menolak untuk hamil, meskipun tanpa disadari.

  1. Stres

Ketika Anda stres, maka muncul tekanan demi tekanan di dalam pikiran. Jangankan bisa hamil saat menstruasi. Pada masa-masa subur sekalipun, seseorang yang stres dan berhubungan intim, ia akan melakukannya dengan terpaksa. Tidak ada kerelaan hati untuk menerima apa yang diberikan oleh pasangan.

Stres yang terjadi bisa dikarenakan pekerjaan, konflik dengan tetangga, memikirkan kebutuhan ekonomi keluarga yang mendesak, dan lain sebagainya. Jadi, biar lebih aman dan lancar, hindari stres. Baik menjelang, saat, atau setelah berhubungan intim dengan pasangan. Ciptakan momen bahagia terlebih dahulu, misal dengan menonton film romantis.

  1. Pasangan yang Tidak Subur

Subur dalam hal ini bukan membahas tentang postur tubuh, ya, melainkan sperma. Kesuburan sperma pria sangat penting untuk melancarkan usaha agar hamil. Baik saat menstruasi maupun di luar itu. Sperma yang subur akan mampu bergerak dengan lincah menurju serviks, saluran tuba, serta rahim perempuan.

  1. Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Tidak teraturnya menstruasi yang dialami seorang perempuan itu mengindikasikan, bahwa sistem ovulasinya tidak konsisten. Hal tersebut juga bisa menggagalkan seseorang untuk bisa hamil, terutama ketika dalam masa menstruasi. Dengan kata lain, semakin jarang berovulasi, maka semakin kecil kemungkinan untuk hamil. Solusinya adalah dengan menjaga pola hidup sehat.

Hamil saat menstruasi itu bukan mustahil bisa Anda alami. Sudah banyak yang mengalami. Namun kebanyakan tanpa mereka sadari. Sebab, baru mereka tes setelah sebulan atau dua bulan kemudian usai pembuahan. Artikel serupa atau seputar ibu hamil juga bisa Anda dapatkan lewat Orami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *